Hasil Quick Count Pilgub Sumut 2018/2019

Quickcount.org - Hasil Quick Count Pilgub Sumatera Utara (Sumut) 2018/2019 - Pilgub Sumatera Utara pada tahun 2018 ini memiliki dua pasangan calon Gubernur yang akan memimpin Sumatera Utara lima tahun kedepan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sebelumnya sudah dilakukan pendataan ulang mengenai jumlah pemilih di tiap kota maupun kabupaten yang ada di Sumatera Utara.

Untuk mengetahui hasil dari pilgub Sumatera Utara ini yang akan dilakukan secara serentak di seluruh provinsi di Indonesia, dapat diketahui secara cepat dan tepat dengan adanya penghitungan yang dilakukan dengan quick count.



Pengundian nomor urut calon Pilgub Sumatera Utara telah dilakukan pada hari selasa tanggal 13 Februari 2018, pengundian ini bertempat di Hotel Grand Mercure. Tetapi, amat disayangkan calon JR Saragih yang berpasangan dengan Ance tidak dapat mengikuti pilkada Sumatera Utara. Hal dikarenakan ada persyaratan yang tidak terpenuhi oleh bakal calon pasangan tersebut, lebih tepatnya mengenai permasalasan berkas ijazah. Adapun nomor urut bakal calon Gubernur Sumatera Utara, adalah sebagai berikut :


1. Hasil Quick Count Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah

Pasangan ini sering di singkat menjadi selogan “ERAMAS”, sebelumnya pasangan ini juga mendapatkan giliran pertama untuk mengambil nomor urut pilgub Sumatera Utara tak di sangka mereka juga mendapatkan nomor urut pertama. Hal ini langsung di sambut gembira dan semangat oleh para pendukung paslon ini dengan meneriakan yel- yel mereka “ERAMAS ERAMAS ERAMAS”. Dalam wawancaranya Edy memberikan statement bahwa nomor satu, pastilah menjadi nomor satu.


2. Hasil Quick Count Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Salam

Pasangan ini mendapatkan nomor urut dua, tak kalah dengan paslon nomor urut satu pasangan ini juga memiliki slogan atau singkatan yaitu “DJOSS”, dengan ditetapkannya nomor urut ini Djarot memberikan statement kepada para pendukungnya dengan salam dua jari. Para pendukungpun menyambut gembira hal ini dengan menggemakan yel- yel yang telah di siapkan sebelumnya, “apakatanya DJOSS, apa kau bilang YES”. Seperti itulah gema yel- yel yang dilakukan oleh para pendukungnya.



Quick count sendiri merupakan penghitungan hasil pemilu yang dilakukan secara cepat namun tepat, dengan adanya penghitungan cepat ini hasil pemilu dapat di ketahui siapa yang menjadi pemenangnya. Adapun cara penghitungan quick count, sebagai berikut :


Menentukan Sampel Terlebih Dahulu Untuk menentukan TPS mana yang akan dijadikan sampel haruslah secara acak, agar hasilnya valid dan sesuai dengan keadaan sebenarnya dilapangan. Jika jumlah sampel yang diambil lebih banyak maka data yang dihasilkan akan semakin bagus kualitas dan kevalidannya teruji. Akan tetapi, hal ini juga memberikan dampak negatif jika jumlah sampel terlalu banyak maka jumlah dana operasional menjadi tidak efektif lagi. Hal ini di sebabkan oleh semakin banyaknya orang yang terlibat dalam survei.


Merekrut Para Relawan Penghitungan hasil Pilgub Sumatera Utara juga menggunakan metode quick count yang dilakukan oleh beberapa lembaga yang sudah ahli di bidangnya, langkah selanjutnya setelah menentukan sampel adalah merekrut para relawan. Pilihan relawan yang berada di sekitar tempat TPS itu berada, karena diyakini mereka mengetahui secara pasti keadaan di wilayah tersebut sebenarnya. Terlebih dahulu lakukanlah pelatihan terhadap mereka.

Calon pilgub Sumatera Utara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bijaklah dalam memilih. Teliti visi serta misi mereka apakah sesuai dan selaras dengan keinginan seluruh masyarakat Sumatera Utara, hidarilah politik uang untuk mewujudkan pemilihan para pemimpin yang bersih dan amanah. Semoga kita bisa menjadi pemilih yang cerdas untuk menentukan masa depan Sumatera Utara. Semoga bermanfaat.