Hasil Quick Count Pilgub Jatim 2018/2019

Quickcount.org - Hasil Quick Count Pilgub (Jatim) Jawa Timur 2018/2019 Deretan Kandidat Pasangan Calon Pilgub Jawa Timur, Adakah Pilihan Anda? Perhelatan pemilihan umum Gubernur dan Wakil gubernur memang selalu menarik perhatian masyarakat setempat. Begitu juga dengan Pilgub Jawa Timur yang pada tahun ini akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakilnya secara serentak dengan sistem pencoblosan langsung. Pemilihan kepala daerah ini merupakan kali ketiga untuk Jawa Timur.

Pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur di Jawa Timur pada tahun 2018 ini merupakan pemilihan kepala daerah serentak ketiga yang renacanya akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. Pilgub Jawa Timur ini bertujuan untuk memilih gubernur dan wakilnya untuk periode 2019 sampai dengan 2024.



Kandidat Calon Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilgub Jawa Timur 2018 Pada hari pertama pendaftaran, belum ada pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPUD Jawa Timur. Para calon pasangan baru mendaftarkan diri ke KPUD Jawa Timur pada hari-hari terakhir penutupan pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Hingga akhirnya KPUD menetapkan dua pasangan calon yang akan maja dalam pilgub jawa timur.

Dalam pilgub jawa timur kali ini, ada beberapa nama yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, seperti Puti Guntur Soekarnoputri dan Khofifah Indar Parawansa yang sebelumnya juga mencalonkan diri. Dalam pilgub kali ini, ada dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang maju sebagai pasangan kandidat, diantaranya adalah:


1. Hasil Quick Count Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak


Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Khofifah pernah menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan pada tahun 1999-2001 dan Menteri Sosial pada tahun 2014. Khofifah juga pernah menjadi anggota DPR dari fraksi PPP dan fraksi PKB. Sedangkan Emil Dardak menjabat sebagai Bupati Trenggalek dari tahun 2016.

Pasangan ini didukung oleh beberapa koalisi partai politik, yaitu partai Golkar, partai Demokrat, PPP, Nasdem, Hanura dan PAN. Dengan jumlah 42 kursi DPRD, Demokrat merupakan partai dengan jumlah kursi yang paling banyak mendukung diantara beberapa partai pengusung pasangan ini yaitu 13 kursi.


2. Hasil Quick Count Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarnoputri

Saifullah yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul merupakan wakil gubernur yang sebelumnya mengalahkan Khofifah di tahun sebelumnya. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal pada tahun 2004-2007. Sedangkan, Puti Guntur yang merupakan cucu dari Presiden RI pertama yang menjadi anggota DPR Fraksi PDI-P.

Pasangan ini didukung oleh beberapa koalisi partai politik, sebanyak empat partai politik, yaitu PKB, PDI-P, PKS, dan partai Gerindra. Dengan jumlah 58 kursi DPRD, PKB merupakan partai dengan jumlah kursi yang paling banyak mendukung diantara para partai pengusung pasangan ini yaitu sebanyak 20 kursi.



Biasanya, sebelum perhelatan pilkada dimulai ada beberapa lembaga-lembaga tertentu yang mengadakan survei terhadap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Biasanya survei tersebut bertujuan untuk mengukur seberapa besar ketertarikan masyarakat terhadap para calon pasangan gubernur dan wakil gubernur dalam pilgub jawa timur.

Salah satu lembaga survei yang terkenal mengadakan survei menjelang pemilihan gubernur dan wakilnya adalah Lembaga Kajian Pemilu Indonesia atau yang disingkat dengan LKPI. Biasanya survei dilakukan dengan metode random sampling dengan menggunakan beberapa sampel berdasarkan jumlah populasi daftar pemilih di Jawa Timur.

Dengan adanya sosialisasi kampanye yang baik dan merata untuk setiap jajaran masyarakat yang dilakukan oleh para calon pasangan gubernur dan wakil gubernur dalam Pilgub Jawa Timur diharapkan akan mengurangi jumlah pemilih golongan putih atau golput dan meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum di Jawa Timur.