Hasil Quick Count Pilgub Kaltim 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count (Kaltim) Pilgub Kalimantan Timur 2018/2019 : Semboyan Ruhui Rahayu untuk Pemimpin Baru Kalimantan timur merupakan provinsi terluas ketiga di Indonesia setelah Papua dan Kalimantan tengah, yang luasnya sekitar 129.066,64 km2. Provinsi yang mempunyai julukan Bumi Mulawarman ini akan melaksanakan Pilgub Kalimantan Timur pada Juni mendatang.

Proses pendaftan Unik para pasangan Kandidat di Pilgub Kalimantan Timur Ada yang menarik pada proses pendaftaran para pasangan calon yang akan maju pada pilgub Kalimantan Timur tahun ini. Proses pendaftaran para pasangan calon ini dikatakan cukup unik dan tidak seperti biasanya pada saat akan melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum, seperti di bawah ini:



1. Hasil Quick Count Pasangan Sofyan Hasdam dan Nusyirwan Ismail

Pasangan ini memilih angkutan umum pada saat mendaftarkan diri ke KPU setempat. Pasangan yang berangkat dari Masjid Raya Darussalam ini kemudian berangkat menuju KPU dengan angkot kode B dan diiringi dengan puluhan tim suksesnya.

Namun, pasangan ini tidak bisa melangkah bersama dalam pilgub Kalimantan Timur, karena pada akhir bulan Februari kemarin Nusyirman Ismail meninggal dunia. Sehingga pasangan yang diusung oleh partai Golkar dan partai Nasdem ini memutuskan memilih Rizal Effendi sebagai pengganti dari mendiang Nusyirman Ismail.


2. Hasil Quick Count Pasangan Rusmandi Wongso dan Safaruddin

Berbeda dari pasangan sebelumnya, pasangan Rusmandi Wongso dan Safaruddin ini memilih sepeda ontel untuk proses pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum setempat. Pasangan ini berangkat dari GOR Segiri di Jalan Kesuma Bangsa menuju KPU di Jalan Basuki Rahmat.

Selain menggunakan sepeda ontel yang membuatnya berbeda dari yang lain, pasangan ini juga membawa berbagai budaya yang mengiringi di belakangnya, ada tarian Dayak, tarian Bugis, tarian Banjar dan juga reog Ponorogo.


3. Hasil Quick Count Pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi

Pasangan ini merupakan pasangan pertama yang mendaftarkan diri untuk maju pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur. Pasangan yang diusung oleh partai Gerindra, PKS dan PAN akhirnya mendapatkan nomor urut 3 pada pilgub Kalimantan Timur yang akan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia Juni mendatang.


4. Hasil Quick Count Pasangan Syaharie Jaang dan Awang Ferdian Hidayat

Pasangan ini merupakan pasangan terakhir yang mendaftarkan diri untuk maju dalam pilgub Kaltim. Pasangan ini memilih untuk berjalan kaki dengan didampingi para tim suksesnya. Pasangan yang diusung oleh partai Demokrat, PPP dan PKB ini memulai dengan shalat Magrhib berjamaah dan memberikan santuan untuk ratusan anak yatim di sekitaran kota.


Hasil Kerja Petugas PPDP pada Pilgub Kalimantan Timur

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau yang biasa disingkat dengan petugas PPDP yang bertugas untuk melakukan pencocokan data dan penelitian (yang biasa disingkat sicoklit) dan sosialiasasi mengenai pilgub Kalimantan Timur, telah menyelesaikan tugasnya pada 18 Februari lalu. 

Hasilnya, ada 469.577 orang yang termasuk ke dalam daftar pemilih tetap, jumlah itu sudah termasuk 66.745 orang yang merupakan pemilih baru. Jika dilihat dari daftar pemilih di tahun sebelumnya yang mencapai 670.458 orang, jumlah daftar pemilih tahun ini mengalami pengurangan sebesar 200.881 orang.


Ketertarikan Masyarakat terhadap Paslon pada Pilgub Kalimantan Timur

Ketertarikan masyarakat terhadap para pasangan calon yang akan maju pada pilgub Kalimantan Timur sangat besar. Dalam beberapa lembaga survei, sebagian masyarakat sudah mengantongi nama pasangan yang menjadi pilihannya. Namun, tetap saja ada sebagian masyarakat yang memilih untuk golput.

Besarnya harapan masyarakat Kaltim kepada pasangan yang nantinya akan mendapatkan kursi KT 1 pada pilgub Kalimantan Timur ini adalah bisa membawa provinsi Kaltim lebih sejahtera. Sesuai dengan semboyan Kaltim yaitu Ruhui Rahayu, yang memiliki arti kehidupan yang harmonis, damai sejahtera, aman dan tenteram.