Hasil Quick Count Pilgub Papua 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count Pilgub Papua 2018/2019 : Berebut Kursi Nomor Satu Dengan Damai Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di Papua sering terjadi pertikaian antara kelompok mayoritas dengan minoritas, akan tetapi pada perhelatan pilgub Papua 2018 ini mudah – mudahan akan berjalan dengan lancar dan damai.

Papua merupakan provinsi yang berada di pulau Papua yang merupakan pulau terbesar di negara ini, pulau ini memiliki luas 808.105 km. Walaupun begitu masih saja provinsi ini merupakan yang tertinggal di banding provinsi lainnya, maka Gubernur yang terpilih pada periode ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua.



Perebutan Kursi nomor 1 pada Pilgub Papua Periode 2018- 2023 Dapat di pastikan pada pilgub Papua kali ini tidak ada calon independen semua mendapat dukungan dari partai politik, untuk pengundian nomor urut telah di laksanakan pada tanggal 21 Februari 2018 lebih tepatnya di halaman KPU Papua. Adapun hasilnya sebagai berikut :


1. Hasil Quick Count Lukas Enembe dan Klemen Tinal

Pasangan yang memiliki slogan Lukmen ini mendapatkan nomor urut satu pada pilgub Papua, yang akan dilaksanakan secara serentak dengan provinsi lainnya pada tanggal 27 Juni mendatang. Pasangan ini di dukung oleh koalisi Papua bangkit jilid II yang terdapat 10 partai didalamnya, mulai dari PKB, Hanura, Demokrat, PKPI, PAN, PKS, NasDem, PPP, PBB, maka dengan mengumpulkan dukungan ini mereka memiliki 43 kursi kekuatan di DPRD.


2. Hasil Quick Count John Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae

Pasangan ini di masyarakat lebih dikenal dengan Johsua, walaupun hanya mendapatkan dukungan dari dua partai dengan kekuatan hanya 15 % dari jumlah semua kursi di DPRD Papua, pasangan nomor urut 2 ini akan tetap optimis untuk memenangkan pilgub Papua tahun 2018. Adapun pendukung pasangan nomor urut 2 ini adalah partai PDIP dengan 7 kursi dan Gerindra memiliki 6 kursi maka dapat di simpulkan mereka memiliki 13 kursi DPRD, jika pasangan ini memenangkan pertarungan pada pilgub ini maka akan lebih baik jika mereka mendapatkan dukungan tambahan agar program kerja yang sudah disusun tidak terhambat.


Proses Pendaftaran Para Calon Gubernur Beserta Wakilnya

KPU Papua memberikan waktu kepada siapa saja yang berminat untuk menjadi calon Gubernur pada periode 2018- 2023 tentunya dengan memenuhi bebagai persyaratan yang telah di tentukan hingga tanggal 29 November tahun 2017. Dan untuk calon dari independen, akhir pendaftarannya di tetapkan pada tanggal 29 November 2017, akan tetapi sampai pada batas waktu belum ada yang mendaftar. Kemudian KPU Papua menerima pendaftaran dari dua paslon yang memiliki dukungan dari berbagai partai yang ada di Indonesia.


Pendataan Calon Pemilih Pada Pilgub Papua 2018

Mulai dari tanggal 20 januari Papua melaksanakan pencocokan data masyarakat yang akan menjadi pemilih pada pilgub Papua tahun ini, pada coklit kali ini sampel yang di gunakan yaitu daerah Bovendigul, Kota Jayapura , Jayawijaya, Merauke dan Biak.

Gerakan coklit ini dilakukan sampai tanggal 18 Februari, oleh karena itu KPU Papua harus segera melaksanakan pencocokan data ini dengan mendatangi setiap rumah warga. Demi kelancaran kegiatan pencoklitan ini, di harapkan para masyarakat dapat menerima para petugas untuk berkunjung ke rumah warga.


Perhitungan Quick Count Pada Pilgub Papua 2018

Seperti di provinsi lainnya, untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan terpercaya. KPU provinsi Papua melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga terpercaya untuk mendapatkan hasil pemilu dengan cepat dan tepat. Papua merupakan salah satu provinsi yang melaksanakan pilgub secara serentak dengan 17 provinsi lain yang ada di Indonesia, pada tanggal 27 Juni 2018 nanti. Banyak masyarakat Papua yang berharap pemenang pilgub Papua kali ini adalah mereka yang akan membuat Papua semakin jaya.