Hasil Quick Count Pilkada Kab Gianyar 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Gianyar 2018/2019 Dengan adanya pilkada serentak yang dilaksanakan sebentar lagi, sebaiknya Anda sebagai calon pemilih juga harus tahu bahwa pada pilkada yang dilaksanakan secara serentak pada kali ini menggunakan quick count untuk menghitung hasilnya. Quick count atau hasil cepat bisa memberikan hasil pemilu dengan lebih cepat dan juga lebih tepat. 

Quick count pilkada Kab Gianyar pun juga diterapkan sekarang. Namun sebelum pilkada dilaksanakan, tim pilkada pada Kabupaten Gianyar akan melakukan simulasi quick count terlebih dahulu. Jadi, setelah perangkat sistem hasil cepat sudah dibentuk, maka tim quick count pun akan menguji coba sistem itu apakah bisa bekerja dengan baik dan benar pada saat hari H nanti. Biasanya sistem quick count akan diuji selama seminggu sebelum pilkada Kabupaten Gianyar dilaksanakan.



Simulasi quick count bertujuan untuk tahu dimana kelemahan pada sistem quick count yang akan digunakan untuk pilkada Kab Gianyar nantinya. Dengan simulasi ini maka technical error dan human error pun juga bisa dihindari pada saat hari H. Lalu pada saat pilkada sedang berlangsung, maka tim quick count pun perlu melakukan quality control yang berlapis.

Jadi, akan ada relawan yang bekerja agar gasil quick count benar dan akurat. Tim quick count akan mengetes relawan tentang quick count yang dilaksanakan di kecamatan tempat relawan berasal. Keberadaan relawan pun juga harus diakui dan diketahui oleh ketua PPS setempat. Kemudian setiap relawan akan mendapatkan kuesioner yang harus dicap dan ditandatangi oleh ketua PPS setempat.

Relawan yang bertugas di tiap TPS akan mengirimkan hasil rekapitulasi suara ke pusat data. Saat suara sudah masuk ke pusat data, maka sistem quick count akan mentabulasi data tersebut. Sistem quick count akan mengolah hasil pilkada Kab Gianyar lewat software. 

Ilmu statistic akan diterapkan untuk mengolah data secara ilmiah. Puncak masuknya rekapitulasi suara biasanya terjadi pada saat jam 3 sore. Jika data sudah mencapai 80 persen, maka hasil quick count pun sudah bsia diumumkan ke masyarakat. Bahkan data belum mencapai 100 persen pun sudah bisa menentukan siapa pemenang pilkada.

Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Gianyar

Nomor 1 50%
Nomor 2 50 %
Nomor 3 50%