Hasil Quick Count Pilkada Kab Kapuas 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count Pilkada Kab Kapuas 2018/2019 -  Dinilai Rawan, Ini Faktanya! Pilkada Kab Kapuas dinilai akan terjadi dengan sangat rawan. Ini karena pasangan calon yang berlaga pada pesta demokrasi 27 Juni 2018 itu hanya terdiri dari dua orang. Menariknya, kedua paslon ternyata sama-sama pernah memperebutkan posisi serupa pada Pilkada yang berlangsung tahun 2012 silam. 

Namun, ungkapan terkait kerawanan Pilkada Kabupaten Kapuas ditampik AKBP Sachroni Anwar selaku Kapolres Kapuas. Ia menyatakan bahwa kedua paslon telah melakukan kesepatakan agar dapat melaksanakan Pilkada secara damai. Pihak manapun yang kalah juga harus dapat berlapang dada serta menerima kemenangan pihak lawan. Sementara pihak yang memenangkan Pilkada nantinya diharapkan jangan terlalu berbesar hati.


Demi menjaga kelancaran dan keamanan Pilkada Kab Kapuas, ratusan personil Polda Kalteng akan turut diturunkan selama berlangsungnya pencoblosan. Tak hanya itu, disediakan pula dua water canon, beberapa armada mobil khusus penghalau hingga ratusan meter kawat berduri. Beberapa hari setelah diadakannya pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Kapuas, dilaksanakan rapat pleno pasangan calon di mana KPU dianggap telah mengecewakan salah satu pasangan calon yang berlaga. 

Hal ini diakui sebagai kesalahan dari pihak KPU itu sendiri dan memicu tindakan demonstrasi dari pendukung salah satu pasangan calon. Ratusan massa pendukung mendatangi kantor KPU guna melakukan aksi damai pada Selasa siang. Para demonstran menyampaikan aspirasi ketidakpuasannya akan pleno penetapan yang dilakukan KPU Kapuas. 

Dalam rapat pleno itu sendiri, dikatakan bahwa pasangan calon bupati dan wakil bupati Kapuas hanya akan terdiri dari satu pasangan calon saja. Hal inilah yang memicu protes dari massa pendukung salah satu pasangan calon yang kandidat jagoannya tak tercantum sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Kapuas. 

KPU Kapuas kemudian meralat hasil rapat pleno dan mengakui hal tersebut sebagai kesalahan mereka. Adanya demonstrasi inilah yang kemudian memunculkan anggapan bahwa Pilkada Kab Kapuas akan sangat rawan akan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Tak mengherankan rasanya jika Polda Kalteng sampai harus menurunkan pengamanan ekstra guna mengawal jalannya Pilkada nanti.

Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Kapuas