Hasil Quick Count Pilkada Kab Pontianak 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count Pilkada Kab Pontianak 2018/2019 - Menjelang Pilkada Kab Pontianak, sejumlah tahapan telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pontianak. Pengumuman dan informasi resmi ini disampaikan dalam launching Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pontianak. 

Hal ini sekaligus menandai gelaran suksesi kepemimpinan daerah di Kabupaten Pontianak. Selama ini, menurut Ketua KPU setempat, masyarakat memang bertanya-tanya seputar waktu pelaksanaan Pilkada. Pihaknya memberi jawaban bahwa waktunya akan menunggu adanya pengumuman resmi. Kini, dengan ditetapkannya jadwal pasti Pilkada Serentak 27 Juni 2018, pertanyaan masyarakat seputar waktu pelaksanaan Pilkada dapat terjawab dengan pasti.


Tahapan Pilkada di Kabupaten Pontianak juga telah secara resmi dimulai. Pihak KPU Kabupaten Pontianak mengaku telah siap dalam melaksanakan pemilihan umum kepala daerah di tahun ini. Pilkada Kab Pontianak sendiri dimulai dari penyusunan serta penetapan daftar pemilih tetap, kemudian berlanjut pada pendaftaran pasangan calon peserta pilkada. 

Menyusul setelahnya adalah tahapan kampanye atau masa kampanye bagi masing-masing pasangan calon. Setelah berakhirnya masa kampanye, tahap selanjutnya tentu adalah pemungutan suara yang dilaksanakan di total 500 TPS yang tersebar di seluruh Kabupaten Pontianak. Waktu pemungutan suara ialah mulai dari pukul 7 pagi hingga 1 siang yang diikuti penghitungan suara. 

Tahap berikutnya dari Pilkada ialah penetapan hasil rekapitulasi serta penetapan calon terpilih yang dilakukan secara resmi oleh KPU Kabupaten Pontianak. Pelantikan serta pengucapan sumpah atau janji dari pasangan bupati dan wakil bupati terpilih akan dilaksanakan setelahnya, sekaligus menjadi penutup dari serangkaian Pilkada Kab Pontianak. 

KPU di sini memang memainkan peran penting, terutama mengemban tanggung jawab yang meliputi pendaftaran, pelaksanaan pemilihan sampai dengan penghitungan suara. Bupati turut berharap KPU akan dapat bekerja secara cermat, profesional serta akurat. Semua pihak juga diharapkan akan dapat bekerja sama dalam mengawal pelaksanaan Pilkada. 

Hal ini bertujuan agar Pilkada dapat berlangsung secara damai, jujur, demokratis serta tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Dalam Pilkada ini nantinya camat serta kades juga akan sangat berperan dalam mengarahkan warganya. Masing-masing telah memiliki tugas serta tanggung jawabnya tersendiri.

 
Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten Pontianak