Hasil Quick Count Pilkada Kota Palopo 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count Pilkada Kota Palopo 2018/2019 - Hasil quick count Kota Palopo tentu saja sangat dinantikan oleh warganya. Sama seperti kota lain, Kota Palopo juga menggunakan sistem quick count untuk menghitung hasil pemilu. Namun apakah mereka sudah tahu definisi dari quick count? Quick count merupakan perhitungan secara cepat pada hasil suatu pemilihan kepada daerah atau pemilihan umum. Hasil quick count menggunakandata dari sampel Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dengan menggunakan quick count, maka hasil perhitungan suara sudah bisa diketahui kira-kira dua hingga tiga jam setelag perhitungan suara di TPS Kota Palopo ditutup. Partisipasi masyarakat pada pemilu dilakukan dengan tiada adanya pihak yang diuntungkan atau dirugikan. Partisipasi mereka juga tidak akan mengganggu proses pemilihan suara. Jadi, quick count juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan partisipasi semua lapisan masyarakat dan juga mendorong agar suasana menjadi kondusif selama penyelenggaraan pemilu.



Aspek yang paling penting pada hasil quick count Kota Palopo adalah penarik sampel dari berbagai tps. Jika TPS yang sampelnya diambil tidak representatif, maka prediksi quick count bisa dipastikan akan mengalalmi kegagalan pada saat memprediksi perolehan suara yang real dalam suatu pemilu. TPS yang berfungsi sebagai unit pengamatan dari quick count gagal merepresentasikan hasil pemilu. Meskipun begitu, perhitungan awal akan didasarkan pada seberapa banyak jumlah pemilih yang berpartisipasi.

Karena itulah menentukan jumlah TPS tidak bisa sembarnangan. Harus diawali dari perhitungan sampel pemilih terlebih dahulu. Dari perhitungan tersebut, maka bisa diprediksikan berapa banyak TPS yang sampelnya akan diambil. Menentukan besar sampel juga berkaitan pada seberapa jah panitia pemilu menginginkan ketelitian dari sampel yang mereka ambil.

Untuk menentukan besar sampel agar hasil quick count Kota Palopo menjadi lebih akurat maka akan sangat bergantung pada jumlah populasi, variasi dari populasi, interval kepercayaan, serta batas kesalahan sampel yang diinginkan. Quick count akan menggunakan mesin quick cont yang sudah diuji coba sebelumnya.

Sehingga quick count yang dilaksanakan pun tidak sembarangan. Panitia pemilu juga memastikan bahwa mesin quick count dapat bekerja dengan baik. Saat sampel dari berbagai TPS sudah diambil, maka saatnya mengirim rekapitulasi ke pusat data. Quick count membutuhkan relawan untuk mengambil sampel, jadi relawan akan memantau setiap TPS yang sampelnya diambil.

Kemudian hasil rekapitulasi suara akan dikirim dalam bentuk formulir C-1 dengan menggunakan SMS atau layanan pesan singkat. Hasil rekapitulasi akan dikirimkan ke pusat kota lalu dimasukkan ke data center dan ditabulasi. Panitia pemilu juga menyediakan layanan call center dimana ada 50 orang yang siap siaga di tingkat pusat. Layanan call center tersebut mempunyai tujuan tunuk menjemput data-data di TPS yang masuknya telat.

Hasil quick count Kota Palopo akan ditampilkan pada saat data lapangan sudah masuk ke pusat data. Data tersebut akan diolah lewat software. Lembaga pemilu yang lebih baik dan mapan pastinya akan mempunyai software yang lebih canggi untuk mengolah data sehingga hasilnya lebih akurat. Lembaga pemilu mempunyai server pusat yang berguan untuk mengumpulkan data dan melakukan rekapitulasi.

Ilmu statistik akan diterapkan untuk proses pengolahan data secara ilmiah agar data tersebut bisa dipertanggungjawabkan. Data lapangan akan terus masuk hingga mencapai 80 persen. Biasanya puncak dari data yang masuk terjadi pada pukul 14.00 sampai 15.00. Jadi, walaupun semua datanya belum masuk, namun lembaga pemilu sudah bisa mengumumkan hasil quick count Kota Palopo kepada masyarakat Kota Palopo.