Hasil Quick Count Pilkada Kota Parepare 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count Pilkada Kota Parepare 2018/2019 - Tentunya Anda cukup sering mendengar istilah quick count, bukan? Istilah yang satu ini pasti sering Anda dengar pada saat sedang ada pemilu, pilkada, dan juga pemilihan presiden. Contohnya seperti hasil quick count Kota Parepare. Namun ternyata masih banyak pula yang belum tau dan paham tentang arti dari istilah quick count. Banyak juga yang belum paham bagaimana cara kerja sistem yang satu ini.

Jadi, sebenarnya apa itu quick count? Istilah yang satu ini merupakan metode verifikasi dari hasil suatu pemilihan umum. Datanya didapatkan dengan cara mengambil sampel secara acak ke beberapa TPS yang sudah dipilih sebelumnya. Jadi, hasil quick count akan berbeda dengan hasil perhitungan resmi yang dilakukan oleh pemerintah yang biasanya diumumkan oleh KPU atau Komisi Pemilihan Umum.



Hasil yang diumumkan oleh KPU adalah hasil dari semua suara yang dihitung di setiap TPS lalu diakumulasikan. Kelebihan dari hasil quick count Kota Parepare adalah bisa memberikan hasil yang cepat. Sebenarnya fungsi utama dari quick count adalah sebagai alat kontrol terhadap diadakannya pemilu dan juga bisa memperkirakan bagaimana perolehan suara dalam suatu pemilu. Matematika dan statistika adalah dua pengetahuan yang erat kaitannya dengan metode quick count.

Lembaga survey akan menerapkan ilmu sampling, sebarang, peluang, dan juga deskripsi data yang ada pada cabang ilmu matematika dan statistika. Sebaiknya agar Anda bisa mengetahui bagaimana cara kerja quick count, maka silhkan baca ringkasan dibawah ini. Anda bisa mengetahui hasil quick count Kota Parepare bisa diketahui setelah melewati beberapa tahapan. Pertama adalah menentukan sampel TPS.

Setelah membangun mesin quick count, lembaga survey akan menentukan TPS mana saja yang akan diambil sampelnya. Sampel ini harus diambil dengan metode random sampling sehingga akan diambil secara acak dan representatif. TPS yang terpilih juga akan mewakili karakteristik dari populasi pemilih. Jadi, tingkat kesalahan atau eror akan semakin kecil jika jumlah sampel TPS yang diambil semakin besar.

Namun mtode quick count ini memakan biaya yang banyak karena jika sampel yang diambil semakin banyak, maka dana yang dikeluarkan akan semakin banyak pula karena harus memberikan upah honr dan transportasi pada relawan yang mengambil sampel di berbagai TPS. Hasil quick count Kota Papepare menggunakan salah satu metode sampling yaitu multistage random yang merupakan sebuah teknik pengambilan sampel secara bertahap.

Contohnya untuk quick count pada Kota Parepare pengacakan akan dimulai dari TPS, RT, RW, dan Kecamatan yang akan menjadi sampelnya. Quick count juga tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya relwawan. Setelah menentukan sampel TPS, lembaga survey harus merekrut relawan. Tugas relawan adalah memonitor TPS sampai rekapitulasi suara lalu data tersebut akan dibawa ke pusat data.

Pada umumnya, relawan akan direkrut berdasarkan darimana mereka berasal. Apakah kelurahan yang mereka tinggali akan diambil sampel TPS atau tidak akan memengaruhi perekrutan. Alasan karena jika relawan berasal dari tempat dimana sampel TPS-nya diambil, maka mereka akan pahan tantangan sosial dan geografis dari wilayah TPS tersebut. Relawan pun juga sudah dibkelai dengan training akan quick count sebelum mereka melakukan tugasnya.

Relawan bukan hanya memberikan logistik saja, namun mereka juga akan mendapatkan keahlidan dan pengetahuan dari tutor pada tingkat provinsi. Jadi, dengan menggunakan metode quick count, maka hasil quick count Kota Papepare bisa diumumkan dengan cepat dan tingkat akurasi yang tinggi.