Hasil Quick Count Pilkada Kota Tarakan 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count Pilkada Kota Tarakan 2018/2019 Begini Cara Kerja Hasil Quick Count Kota Tarakan - Quick count sudah bukan istilah asing lagi, terutama menjelang atau saat pemilu. Quick count alias hitung cepat adalah metode verifikasi penghitungan suara yang didapat pasangan calon yang bertanding saat pemilu. Hasil quick count Kota Tarakan terbilang akurat dan mendekati hasil resmi yang dirilis KPU sehingga banyak orang berpatokan pada hitung cepat ini.

Tak sedikit pula yang terus mengupdate hasil terbaru quick count dari televisi. Quick count sendiri memiliki istilah lain yaitu Parallel Vote Tabulation atau PVTs serta merupakan alat adopsi NDI atau National Democratic Institute. Hasil quick count nantinya akan bisa dijadikan pembanding dengan hasil resmi KPU serta menjadi alat dalam mengawal demokrasi. Lembaga survey yang melakukan quick count tentu memiliki tahapan kerja yang saling berkaitan satu sama lain dalam menyajikan hasil quick count Kota Tarakan.



Tahapan kerja ini akan dimulai dari menentukan sampel TPS. Sampel TPS haruslah acak serta bersifat representatif yang mewakili karakteristik Indonesia. Makin besar jumlah sampel yang diambil maka akan makin kecil pula kesalahan yang bisa terjadi atau margin of error. Selain itu, makin besar sampel juga akan membuat hasil perhitungan quick count semakin akurat. Metode random multistage random sampling yang digunakan dalam penentuan sampel juga akan turut membantu tingkat akurasi di samping jumlah sampel itu sendiri.

Hampir semua metode hitung cepat atau quick count akan menggunakan metode pengacakan ini sehingga persebaran sampelnya merata serta proporsional. Jika digunakan sampel selain pengacakan, maka hasil quick count Kota Tarakan akan dapat berbeda walau sampelnya sama-sama berjumlah 2000 TPS. Penentuan sampel akan dilakukan pada tingkat pusat. Agar didapat hasil akurat, penentuan sampel akan dilakukan mulai dari tingkat nasional, provinsi, kota atau kabupaten, kecamatan, kelurahan sampai dengan TPS.

Titik krusial dalam quick count ini adalah penentuan sampel atau sampling. Sampling yang dilakukan dengan ketat akan menjamin hasil makin akurat dan bagus. Jumlah sampel TPS yang diambil juga akan berhubungan dengan alokasi dana, di mana makin banyak sampel maka makin besar dana yang dibutuhkan.

Setelah dilakukan sampling, tahapan berikutnya dalam menyajikan hasil quick count Kota Tarakan ialah merekrut relawan. Relawan memiliki tugas khusus dalam memantau TPS serta melakukan rekapitulasi suara yang kemudian akan dikirimkan ke pusat data. Relawan biasanya akan direkrut berdasarkan asal keluarahan mereka sesuai di mana sampel TPS berada. Alasannya adalah agar para relawan bisa mengetahui lebih dalam terkait tantangan geografis serta sosial dari wilayah yang dijadikan sampel TPS untuk quick count tersebut. Para relawan juga akan dibekali dengan pelatihan terkait quick count.

Relawan yang bertugas memantau dan merekapitulasi hasil quick count Kota Tarakan ini juga akan melewati proses quality control, di mana pengetahuan relawan akan dites dan keberadaannya diketahui pihak KPPS setempat. Prosedur untuk tiap relawan di antaranya terdiri dari pengisian kuesioner yang telah ditandatangani maupun dicap KPPS setempat. Kuesioner ini akan jadi bukti bahwa relawan tersebut ada di TPS yang bersangkutan.

Komponen terbesar dalam pengadaan quick count adalah biaya honor untuk para relawan ini. Hal ini tak lepas dari banyaknya relawan yang terjun ke lapangan serta kerja mereka yang cukup melelahkan sehingga harus dibayar dengan layak. Demikian adalah proses dalam perhitungan quick count yang diawali dari penentuan sampel hingga pemilihan relawan.