Hasil Quick Count Pilkada Kota Lubuk Linggau 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count Pilkada Kota Lubuklinggau 2018/2019 - Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu kota di Indonesia yang akan meramaikan acara nasional pemilihan umum kepala daerah. Masyarakat kota Libuklinggau pada tanggal 27 Juni 2018 memilih secara resmi sosok yang akan menjadi walikota dan wakil walikota mereka. Untuk mengetahui siapakah pasangan yang akhirnya terpilih, berikut ada hasil quick count kota Libuklinggau yang bisa Anda cek.

Sekilas Pilkot di Kota Lubuklinggau

Pada tahun 2018 ini, pemilihan walikota dan wakil walikota di kota Lubuklinggau dimeriahkan oleh tiga pasangan calon (paslon). Terjadi keunikan pada paslon pada pemilu tahun ini. Sejak proses pendaftaran paslon hingga pengambilan nomor urut, nomor ketiganya selalu berurutan. Pada urutan pertama, ada pasangan dari jalur independen yaitu Toyeb Rakembang – Sofyan.



Keduanya sejak awal adalah pendaftar pertama dan selalu mendapatkan nomor urut pertama. Di nomor urut kedua, ada pasangan SN Prana Putra Sohe - Sulaiman Kohar yang mendaftar di urutan kedua. Mereka diusung oleh Partai Golkar, Demokrat, PKS, PKB, Gerindra, Nasdem, PBB, Hanura dan mendapat dukungan dari PAN. Sementara itu, di nomor urut tiga ada pasangan Rustam Effendi - Riezky Aprilia yang diusung oleh PDIP dan PPP mendaftar terakhir sekaligus mendapatkan nomor urut terakhir pula.

Ketiga paslon inilah yang dipilih oleh masyarakat kota Lubuklinggau. Dari 8 kecamatan yang ada di kota Lubuklinggau, terdapat total 376 tempat pemungutan suara (TPS). Di kecamatan Lubuklinggau Barat I ada 59 TPS, Lubuklinggau Barat II ada 39 TPS, Lubuklinggau Selatan I ada 26 TPS, Lubuklinggau Selatan II 48 TPS, Lubuklinggau Timur I ada 52 TPS, Lubuklinggau Timur II ada 57 TPS, Lubuklinggau Utara I ada 32 TPS, dan Lubuklinggau Utara II ada 63 TPS. Warga yang memiliki hak suara diarahkan untuk datang ke TPS yang telah ditunjuk sesuai dengan alamat domisili yang tertera di KTP masing-masing.

Seluruh warga di kota Lubuklinggau telah didata oleh KPU dimana total keseluruhan warga yang memiliki hak suara untuk mencoblos adalah 155,153 orang. Jumlah ini terbagi atas 76,628 laki-laki dan 78,525 wanita. Data warga dengan hak suara tersebut sudah mencakup warga yang termasuk ke dalam kategori difabel.


Hasil Quick Count Kota Lubuklinggau

Sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan, warga melakukan pencoblosan di masing-masing TPS yang ditunjuk sesuai dengan alamat KTP-nya. Setelah seluruh warga yang memiliki hak suara, segera dilakukan penghitungan surat suara. Pihak KPU akan melakukan penghitungan secara manual di setiap TPS. KPU akan menentukan mana suara yang sah dan suara yang tidak sah seperti tidak dicoblos, dicoblos di kedua gambar, atau dicoblos di luar tempat yang seharusnya.

Sistem penghitungan yang dilakukan KPU inilah yang akan dianggap sebagai penghitungan yang sah dan resmi untuk menentukan calon pemenang yang akan menduduki kursi walikota dan wakil walikota kota Lubuklinggau. Meskipun demikian, menunggu penghitungan suara secara manual dari pihak KPU mungkin memakan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, banyak lembaga survei yang melakukan penghitungan cepat atau quick count secara real-time.

Penghitungan cepat yang dilakukan ini membantu memberikan gambaran secara umum mengenai siapakah pasangan yang mendapatkan suara terbanyak dari warga. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, berikut adalah hasil quick count kota Lubuklinggau yang dilakukan di TPS-TPS yang tersebar di kota ini.