Hasil Quick Count Pilkada Kota Pangkal Pinang 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count Pilkada Kota Pangkal Pinang 2018/2019 Tahapan Proses dan Hasil Quick Count Kota Pangkal Pinang Quick count menjadi istilah yang umum ditemukan saat pemilu berlangsung. Quick count yang berarti hitung cepat ini adalah metode verifikasi penghitungan suara yang dilakukan di beberapa sampel TPS. Hasil quick count Kota Pangkal Pinang saat pemilu biasanya tak jauh beda dari hasil resmi yang dikeluarkan KPU dua minggu kemudian.

Ini karena quick count menggunakan sampel yang representatif sesuai karakteristik di Indonesia. Dalam prosesnya, tentu panitia atau lembaga survey yang mengadakan quick count tak sembarangan dan melalui serangkaian tahapan khusus agar didapat hasil akhir yang akurat. Berikut adalah beberapa tahapan yang dilakukan dalam proses quick count saat pemilu.



Terlebih dulu akan dibentuk mesin quick count yang terdiri dari sampel TPS serta relawan. TPS yang dijadikan sampel akan diambil berdasarkan random sampling dan relawan akan dipilih dari mereka yang bertempat tinggal di mana TPS sampel berada. Setelahnya akan dilakukan simulasi quick count agar hasil quick count Kota Pangkal Pinang bisa mengeluarkan hasil akurat. Simulasi quick count akan dilakukan seminggu sebelum dilangsungkannya pemilu.

Tujuan diadakannya simulasi ini adalah agar diketahui di mana letak kelemahan dari mesin quick count tersebut. Hal ini akan membantu dalam meminimalisir kesalahan teknis maupun kesalahan yang dibuat oleh manusia. Hal ini terutama karena quick count takkan diselenggarakan untuk main-main sehingga harus dipastikan mesinnya bekerja sesuai metode serta prosedur dari pusat.

Selanjutnya, hasil quick count Kota Pangkal Pinang yang telah dipantau oleh para relawan di TPS terkait akan dikirim rekapitulasinya melalui layanan SMS atau pesan singkat. Pengiriman ini akan menggunakan formulir C-1. Hasil quick count akan dikirim ke pusat data. Setelah data diterima oleh pusat, maka selanjutnya data tersebut akan ditabulasi. Tersedia pula layanan call center. Layanan ini terdiri dari lima puluh orang yang ada di tingkat pusat. Penggunaan call center ini terutama adalah untuk menjemput data lapangan yang bisa jadi mengalami keterlambatan masuk karena suatu alasan.

Setelah melalui proses rekapitulasi data, maka tahapan berikutnya ialah pengolahan serta penampilan hasil quick count Kota Pangkal Pinang. Jika data di lapangan telah masuk ke pusat, maka selanjutnya data akan diolah melalui software programmer. Lembaga survey yang telah mapan biasanya akan memiliki software canggih dalam proses pengolahan datanya. Proses pengolahan data ini akan dilakukan melalui penerapan ilmu statistik sehingga hasilnya akan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Data dari lapangan akan terus masuk hingga mencapai puncak pada pukul 14.00 hingga 15.00 WIB. Hasil quick count sendiri akan mulai stabil saat data yang masuk sudah mencapai 80 persen.

Saat data di lapangan telah masuk ke pusat sebanyak 80 persen, kadang lembaga quick count akan mengumumkan hasil pada masyarakat tentang siapa yang keluar sebagai pemenang pemilu. Walau belum 100 persen suara masuk, namun dari 80 persen suara ini biasanya sudah bisa diketahui siapa pemenang pemilu. Hasil quick count Kota Pangkal Pinang baik yang 80 persen maupun 100 persen juga biasanya tak jauh berbeda.

Hal ini juga yang membuat hasil quick count menjadi lebih cepat muncul dibanding hasil resmi KPU dan tak kalah akurat dibanding perhitungan resminya nanti. Demikian adalah tahapan penghitungan yang dilakukan dalam sistem quick count. Dalam pemilu bulan Juni yang akan datang, sistem quick count akan kembali diterapkan.