Hasil Quick Count Pilkada Kota Padang 2018/2019

QuickCount.org - Hasil Quick Count Pilkada Kota Padang 2018/2019 Pada Rabu, 27 Juni 2018, telah diadakan Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Kota Padang di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) secara serentak. Pemilihan kepala daerah ini juga dilakukan secara bersamaan dengan seluruh daerah yang Anda di Indonesia untuk memeriahkan momen bagi warga untuk memilih pemimpin daerahnya masing-masing.

Momen ini sekaligus menandai pemilihan kepala daerah ketiga di kota Padang yang dilakukan secara langsung menggunakan sistem pencoblosan. Dari pemilu ini telah berhasil dipilih walikota dan wakil walikota Kota Padang yang baru berdasarkan hasil quick count kota Padang yang telah dilakukan.



Sekilas Pilkot Kota Padang

Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Kota Padang tahun 2018 ini diramaikan oleh 2 pasangan calon petahana. Di nomor urut 1 ada pasangan Emzalmi-Desri Ayunda yang diusung oleh koalisi Partai Golkar, PDI Perjuangan, PPP, Partai Gerindra, Partai Nasdem, PKB dan Partai Demokrat. Sedangkan di nomor urut 2, ada pasangan Mahyeldi Ansharullah-Hendri Septa yang diusung dua partai, yakni Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional.

Setelah melakukan kampanye secara aktif selama beberapa bulan terakhir, kedua calon pasangan secara resmi dipilih rakyat kota Padang melalui sistem pencoblosan. Berdasarkan data yang diambil oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Padang, tercatat ada 535.265 daftar pemilih tetap (DPT) yang memiliki hak suara untuk melakukan pencoblosan.

Jika dibagi berdasarkan jenis kelamin, maka total DPT tersebut terdiri dari 261.797 laki-laki dan 273.468 perempuan.Jumlah DPT di Kota Padang tersebut menyebar secara merata di 104 kelurahan dari 11 kecamatan yang ada di Kota Padang.

Berdasarkan wilayah administratif, kota Padang dibagi menjadi 104 kelurahan dari 11 kecamatan dengan total TPS yaitu 1,600 TPS. Di seluruh TPS ini nantinya, seluruh DPT berhak menggunakan hak suaranya untuk memilih para paslon. Dari total keseluruhan TPS di Kota Padang, kecamatan Koto Tangah memiliki jumlah terbanyak yaitu 330 TPS diikuti kecamatan Kuranji dengan jumlah 258 TPS.


Hasil Quick Count Kota Padang

Setelah dilakukan pencoblosan secara serentak pada pagi hari waktu setempat, segera dilakukan perhitungan surat suara secara langsung di hari yang sama. Sistem penghitungan surat suara yang sah adalah dengan menggunakan metode penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU. Pihak KPU akan melakukan penghitungan di setiap TPS, lalu hasil dari setiap TPS yang ada di kota Padang akan dijumlah menjadi satu. Hasil yang telah dijadikan satu ini nantinya yang akan menunjukkan berapa hasil resmi dari pasangan unggul yang mendapatkan jumlah surat suara paling banyak.

Di samping penghitungan manual, ada sistem penghitungan lain yang dimanfaatkan yaitu quick count (hitung cepat) yang dilakukan oleh lembaga survei secara independen. Sebagaimana namanya, quick countakan melakukan perhitungan secara cepat sehingga rakyat dapat mendapatkan gambaran mengenai hasil akhir secara lebih dini.

Namun tetap perlu diketahui bahwa quick count hanya digunakan sebagai gambaran saja dari lembaga survei pemilu, bukan hasil resmi dari KPU. Meskipun demikian, terkadang hasil quick count tidak akan jauh berbeda dari hasil penghitungan resmi yang dilakukan oleh KPU. Lalu, berapa hasil quick count kota Padang pada pemilihan umum walikota dan wakil walikota tahun 2018 ini? Berdasarkan hasil quick count, diperoleh gambaran jumlah suara yang didapatkan tiap paslon dan berapa persentase akhirnya.